PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 LAMPUNG UTARA

DEA, RAHMAWATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 LAMPUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1388Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1243Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Lampung Utara. Tujuan ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah sehingga diperlukan model dan media pembelajaran yang inovatif agar dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di MAN 1 Lampung Utara yang dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretest sebesar 61,94 sedangkan nilai posttest sebesar 81,49. Model problem based learning berbantuan media TikTok memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Lampung Utara sebesar 29,2%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2507741100 Digilib
Date Deposited: 30 Sep 2025 13:54
Terakhir diubah: 30 Sep 2025 13:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir