0813053012 , Vinda Muryaningrum (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 4 RUKTI HARJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.HALAMAN PERNYATAAN bl.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.Motto.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.PERSEMBAHAN.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar grafik.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (228Kb) | Preview |
|
File PDF
12.bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (277Kb) |
||
|
File PDF
13.bab v.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SD N 4 Rukti Harjo belum berlangsung seperti yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan jarang melibatkan siswa secara langsung, pembelajaran terkesan berpusat pada guru (teacher center). Hal tersebut berperan kepada rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) model siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan persentase aktivitas siswa dapat dilihat dari siklus I 55,30% berkategori “cukup”, siklus II 63,33% “aktif” dan siklus III 80,1% “sangat aktif”. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,92 % dan siklus II ke siklus III sebesar 16,77%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya, siklus I ketuntasan siswa mencapai 50% berkategori “sedang”, siklus II 66,67% berkategori “tinggi” dan siklus III 91,67% berkategori “sangat tinggi” sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 16,67% dan siklus II ke siklus III peningkatan sebesar 25%. Kata kunci : metode role playing, aktivitas belajar, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:45 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9161 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |