PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 4 RUKTI HARJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053012 , Vinda Muryaningrum (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 4 RUKTI HARJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.HALAMAN PERNYATAAN bl.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.Motto.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.PERSEMBAHAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar grafik.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] File PDF
12.bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (277Kb)
[img]
Preview
File PDF
13.bab v.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SD N 4 Rukti Harjo belum berlangsung seperti yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan jarang melibatkan siswa secara langsung, pembelajaran terkesan berpusat pada guru (teacher center). Hal tersebut berperan kepada rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) model siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan persentase aktivitas siswa dapat dilihat dari siklus I 55,30% berkategori “cukup”, siklus II 63,33% “aktif” dan siklus III 80,1% “sangat aktif”. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,92 % dan siklus II ke siklus III sebesar 16,77%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya, siklus I ketuntasan siswa mencapai 50% berkategori “sedang”, siklus II 66,67% berkategori “tinggi” dan siklus III 91,67% berkategori “sangat tinggi” sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 16,67% dan siklus II ke siklus III peningkatan sebesar 25%. Kata kunci : metode role playing, aktivitas belajar, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:45
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9161

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir