UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MUNJUK SAMPURNA KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN TP. 2011/2012

1013079068 , MULYANA INDAH (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MUNJUK SAMPURNA KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN TP. 2011/2012. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (305Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moot.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (478Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi awal pembelajaran IPS dikelas IV SDN Munjuk Sempurna Kecamatan Kalianda, menunjukan aktivitas belajar rendah karena sangat cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, kurang interaksi siswa dengan guru, kurangnya fasilitas media pembelajaran sehingga siswa pasif dan hasil belajar rendah dengan nilai rata-rata 48,56 atau belum mencapai KKM yang ditetapkan 6,0. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar dengan menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dan sumber penilitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, yang dibagi menjadi 4 kelompok, dilaksakan dengan 3 siklus. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan tes dan selanjutnya data tes dianalisis menggunakan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode diskusi pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Munjuk Sempurna Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata siklus I sampai dengan III. Aktivitas siswa pada siklus I 64,73%, Siklis II 79,63% ,dan siklus III 92,04% . Peningkata aktivitas sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Pada siklus I 18,18% dengan nilai rata-rata 45,45 ,siklus II 68,18% dengan nilai rata-rata 60,45 ,dan siklus III 90,90% dengan nilai rata rata 70,00.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:39
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9182

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir