1013079068 , MULYANA INDAH (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MUNJUK SAMPURNA KECAMATAN KALIANDA LAMPUNG SELATAN TP. 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moot.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (478Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (72Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi awal pembelajaran IPS dikelas IV SDN Munjuk Sempurna Kecamatan Kalianda, menunjukan aktivitas belajar rendah karena sangat cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, kurang interaksi siswa dengan guru, kurangnya fasilitas media pembelajaran sehingga siswa pasif dan hasil belajar rendah dengan nilai rata-rata 48,56 atau belum mencapai KKM yang ditetapkan 6,0. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar dengan menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dan sumber penilitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, yang dibagi menjadi 4 kelompok, dilaksakan dengan 3 siklus. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan tes dan selanjutnya data tes dianalisis menggunakan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode diskusi pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Munjuk Sempurna Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata siklus I sampai dengan III. Aktivitas siswa pada siklus I 64,73%, Siklis II 79,63% ,dan siklus III 92,04% . Peningkata aktivitas sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Pada siklus I 18,18% dengan nilai rata-rata 45,45 ,siklus II 68,18% dengan nilai rata-rata 60,45 ,dan siklus III 90,90% dengan nilai rata rata 70,00.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:39 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9182 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |