UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 5 CIPADANG KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN

1013109135, Rita (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 5 CIPADANG KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
prakata.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (250Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (92Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran IPA di kelas V SDN 5 Cipadang, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan strategi pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM (<60). Persentase siswa yang tuntas belajar <85%. Oleh karena itu peneliti menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 58,9%, meningkat menjadi 84,5% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 63,8, meningkat menjadi 70,1 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 66,7% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 91,7% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan model STAD dalam pembelajaran khususnya IPA. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), IPA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:36
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir