1013119186 , SRI SURYATI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MARGODADI AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
oto.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (85Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (63Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Upaya mata pelajaran IPS untuk membimbing siswa agar menjadi warga negara Indonesia yang baik dan warga dunia yang efektif merupakan tantangan yang berat karena dinamika masyarakat terus berkembang dan era globalisasi selalu mengalami perubahan di setiap saat. Maka mata pelajaran Pengetahuan Sosial perlu dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemampuan siswa dalam kehidupan bermasyarakat yang selalu berkembang secara terus menerus. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan serta hasil evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 3 Margodadi pada semester genap dalam pembelajaran 2011/2012 diperoleh data sebagai berikut : 1) kegiatan belajar masih banyak didominasi guru sehingga siswa masih kurang aktif dalam belajar, 2) metode ceramah tidak dapat digunakan, kerena siswa menjadi pendengar dan tidak dapat mengkaji seperangkat peristiwa, konsep-konsep dan tidak dapat menggeneralisasikan yang berkaitan dengan ilmu sosial, 3) dalam proses pembelajaran guru kurang dapat menciptakan rasa menyenangkan dan mudah membosankan, 3) Proses pembelajaran hanya menitikberatkan pengajaran kepada lembar kerja siswa (LKS). Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Margodadi Ambarawa Kabupaten Pringsewu?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 3 Margodadi Ambarawa Kabupaten Pringsewu dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan panduan observasi dan soal-soal tes yang dilaksanakan dalam du siklus, yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 56% dan pada siklus II menjadi 66%, dan rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 76% dan pada siklus II menjadi 92%. Kata kunci : Aktivitas Belajar dalam Model Kooperatif Tipe STAD.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:39 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2015 08:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9202 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |