0713034002, Eri Puspita (2010) PERBANDINGAN DAN HUBUNGAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA YANG DITERIMA MELALUI JALUR PKAB DAN SNMPTN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2008 DAN 2009. UNSPECIFIED.
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (513Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dapus.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bagian Depan.pdf Download (150Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbandingan dan hubungan motivasi, aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dan SNMPTN pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2008 dan 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Komparatif dan Korelasional. Populasi penelitian ini yaitu semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang terima melalui jalur PKAB dan SNMPTN angkatan 2008 dan 2009 yang berjumlah 107 orang, sedangkan sampel diambil dengan cara Proporsional Random Sampling yaitu 40 mahasiswa. Pengumpulan datanya menggunakan teknik kuesioner, dokumentasi dan observasi. Analisis data untuk uji hipotesis 1, 2 dan 3 menggunakan rumus uji t dan untuk uji hipotesis 4 dan 5 menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dan SNMPTN, yaitu motivasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dengan rata-rata motivasi belajar mahasiswa PKAB = 100,3 dan rata-rata motivasi belajar mahasiswa SNMPTN = 107,95 (X ̅_2 = 107,95 > X ̅_1 = 100,3). (2) Terdapat perbedaan aktivitas belajar antara mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dan SNMPTN ,yaitu aktivitas belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dengan dengan rata-rata aktivitas belajar mahasiswa PKAB = 92,55 dan rata-rata aktivitas belajar mahasiswa SNMPTN = 97,55 (X ̅_2 = 97,55 > X ̅_1 = 92,55). (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dan SNMPTN, yaitu prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dengan dengan rata-rata prestasi belajar mahasiswa PKAB = 3,0405 dan rata-rata prestasi belajar mahasiswa SNMPTN = 3,32 (X ̅_2 = 3,32 > X ̅_1 = 3,0405). (4) Terdapat hubungan positif yang erat dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dan SNMPTN, dengan koefisien korelasi sebesar (r_hitung = 0,701 > r_tabel = 0,312). (5) Terdapat hubungan positif yang erat dan signifikan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar mahasiswa yang diterima melalui jalur PKAB dan SNMPTN, dengan koefisien korelasi sebesar (r_hitung = 0,600 > r_tabel = 0,312). Kata Kunci : Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Abstrack The objective of this research is to investigate the comparison and correlation of students’ motivation, activity, and achievement between students accepted through Jalur PKAB and SNMPTN at the Geography Education Study Program, Social Education Department, School of Education and Pedagogy, University of Lampung at the Academic year of 2008 and 2009. A comparative study and correlational is used as the methodology. The population of this research is 107 students of Geography Education Study Program at the academic year of 2008 and 2009 accepted through PKAB and SNMPTN. The 40 students are taken as the sample by using proportional random sampling technique. The data is collected by using questionnaire, documentation and observation. Students’t-test is used to analyze hypothesis 1, 2, and 3, while product moment correlation is used in analyzing hypothesis 4 and 5. The result of this research shows that (1) there is significant difference in motivation between students accepted through PKAB and SNMPTN. Students accepted through SNMPTN (X2) have higher motivation than those accepted through PKAB (X1), with X ̅2 = 107.95 and X ̅1 = 100.3. (2) There is significant difference in activity between students accepted through PKAB and SNMPTN. Students accepted through SNMPTN (X2) have higher activity than those accepted through PKAB (X1), with X ̅2 = 97.55 and X ̅1 = 92.55. (3) There is significant difference in achievement between students accepted through PKAB and SNMPTN. Students accepted through SNMPTN (X2) have higher motivation than those accepted through PKAB (X1), with X ̅2 = 3.32 and X ̅1 = 3.0405. (4) There is a positive and significant relationship between students’ motivation and students’ achievement with the coefficient of correlation as follows: r_value = 0.701 > r_table = 0.312. (5) There is a positive and significant relationship between students’ activity and students’ achievement with the coefficient of correlation as follows: r_value = 0.600 > r_table = 0.312. Key Words: Motivation, Activity, Achievement
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:44 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2015 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9274 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |