ENI , SINTIA (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI ENI SINTIA - Eni Sintia.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ENI SINTIA_SKRIPSI FULL - Eni Sintia.pdf Restricted to Hanya staf Download (1056Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
ENI SINTIA_SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Eni Sintia.pdf Download (731Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya potensi kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di SD Negeri di Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem-based learning berbantuan media Baamboozle terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode pre- eksperimental design dan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dan sampel berjumlah 18 peserta didik kelas IV. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini adalah penerapan model problem-based learning berbantuan media Baamboozle meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa model berbasis masalah dengan media interaktif Baamboozle dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, problem-based learning, media baamboozle. ABSTRACT The problem in this study was the low potential of creative thinking skills among fourth-grade students at a public elementary school in Tanggamus. This study aimed to determine the implementation of the problem-based learning model assisted by Baamboozle media on the creative thinking skills of fourth-grade elementary school students. This research used a quantitative approach with a pre- experimental method and a one-group pretest-posttest design. The data collection technique used a test. The population and sample consisted of 18 fourth-grade students. The data analysis technique used the paired sample t-test. The results of the study showed that the implementation of the problem-based learning model assisted by Baamboozle media improved students’ creative thinking skills in IPAS learning in grade IV during the 2024/2025 academic year. The implication of this study indicated that a problem-based learning model supported by interactive media such as Baamboozle could be an effective strategy to enhance students’ creative thinking skills. Keywords: creative thinking ability, problem-based learning, baamboozle media.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 16 Nov 2025 06:07 |
| Terakhir diubah: | 16 Nov 2025 06:07 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93434 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
