EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Artika Rahmadana, - (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ARTIKA RAHMADANA.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - ARTIKA RAHMADANA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3903Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ARTIKA RAHMADANA.pdf

Download (2660Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model learning cycle 5e dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keaktifan siswa pada materi sistem periodik unsur. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X E.1 – X E.11 SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian kelas X E.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E.3 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik Purpusive Sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan the matching-only pretest-postest control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata rata yaitu Uji Mann-Whitney dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain penguasaan konsep kelas kontrol serta keaktifan siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model learning cycle 5e efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keaktifan siswa. Kata kunci: learning cycle 5e, sistem periodik unsur, penguasaan konsep, keaktifan siswa This study aims to describe the effectiveness of the 5e learning cycle model in improving students' concept mastery and student activity in the material of the periodic system of elements. The population of this study was all students of class X E.1 - X E.11 of SMA Negeri 13 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year with a research sample of class X E.1 as the experimental class and class X E.3 as the control class determined using the Purposive Sampling technique. The design in this study used the matching-only pretest-posttest control group design. Hypothesis testing used the test of equality of two means, namely the Mann- Whitney Test and the test of differences between two means, namely the Mann- Whitney Test. The results showed that the average n-Gain of the experimental class's concept mastery was higher than the average n-Gain of the control class's concept mastery and student activity in the experimental class was higher than the control class, so it can be concluded that the 5e learning cycle model is effective in improving students' concept mastery and student activity. Keywords: learning cycle 5e, periodic system of elements, concept mastery, student activity

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 27 Nov 2025 04:53
Terakhir diubah: 27 Nov 2025 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93831

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir