PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA

Asih Sundari, 1113022008 (2015) PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (348Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA Oleh Asih Sundari Data hasil observasi di SMA Al-Kautsar Bandar lampung menunjukkan bahwa sekolah telah memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung dalam pembelajaran serta memungkinkan para guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar menggunakan komputer. Namun dalam pratiknya, hal tersebut tidak dimanfaatkan secara efektif untuk menunjang proses pembelajaran. Untuk mengefektifkan dan meningkatkan proses pembelajaran fisika, salah satunya dengan memperbaiki sarana atau tempat penunjang pembelajaran yaitu dengan penggunaan kuis interaktif untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti mengembangkan kuis interaktif tipe multiple respon untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika pada siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kuis interaktif pada tipe multiple respone untuk melatih kemampuan eksplorasi fisika pada siswa SMA dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kemampuan eksplorasi fenomena fisika setelah memanfaatkan kuis interaktif tipe multiple respone dalam pembelajaran fisika pada siswa SMA. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini mengadaptasi dari modifikasi model pengembangan media menurut Sadiman yang meliputi tujuh prosedur, yaitu : (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) menyusun naskah/draft media, (5) menyusun instrumen evaluasi, (6) melakukan validasi ahli, serta (7) melakukan uji coba/tes dan revisi, dan (8) produk akhir. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah (1) dihasilkan kuis interaktif untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa yang disajikan dalam soal yang mengacu pada fenomena fisika berupa animasi interaktif, video interaktif, dan grafik interaktif serta feedback jawaban. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar (pemahaman) siswa pada kemampuan eksplorasi fenomena fisika setelah memanfaatkan media kuis interaktif tipe Multiple Respone dalam pembelajaran fisika pada siswa SMA dengan perolehan peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,54 (peningkatan klasifikasi gain sedang). Kata kunci : penelitian pengembangan, kuis interaktif, kemampuan eksplorasi, fenomena fisika, dan multiple respone.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 0995190 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2015 03:31
Terakhir diubah: 30 Apr 2015 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir