Asih Sundari, 1113022008 (2015) PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (299Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (292Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (348Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA PADA SISWA SMA Oleh Asih Sundari Data hasil observasi di SMA Al-Kautsar Bandar lampung menunjukkan bahwa sekolah telah memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat mendukung dalam pembelajaran serta memungkinkan para guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar menggunakan komputer. Namun dalam pratiknya, hal tersebut tidak dimanfaatkan secara efektif untuk menunjang proses pembelajaran. Untuk mengefektifkan dan meningkatkan proses pembelajaran fisika, salah satunya dengan memperbaiki sarana atau tempat penunjang pembelajaran yaitu dengan penggunaan kuis interaktif untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti mengembangkan kuis interaktif tipe multiple respon untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika pada siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kuis interaktif pada tipe multiple respone untuk melatih kemampuan eksplorasi fisika pada siswa SMA dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kemampuan eksplorasi fenomena fisika setelah memanfaatkan kuis interaktif tipe multiple respone dalam pembelajaran fisika pada siswa SMA. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X3 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini mengadaptasi dari modifikasi model pengembangan media menurut Sadiman yang meliputi tujuh prosedur, yaitu : (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) menyusun naskah/draft media, (5) menyusun instrumen evaluasi, (6) melakukan validasi ahli, serta (7) melakukan uji coba/tes dan revisi, dan (8) produk akhir. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah (1) dihasilkan kuis interaktif untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa yang disajikan dalam soal yang mengacu pada fenomena fisika berupa animasi interaktif, video interaktif, dan grafik interaktif serta feedback jawaban. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar (pemahaman) siswa pada kemampuan eksplorasi fenomena fisika setelah memanfaatkan media kuis interaktif tipe Multiple Respone dalam pembelajaran fisika pada siswa SMA dengan perolehan peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,54 (peningkatan klasifikasi gain sedang). Kata kunci : penelitian pengembangan, kuis interaktif, kemampuan eksplorasi, fenomena fisika, dan multiple respone.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 0995190 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 03:31 |
Terakhir diubah: | 30 Apr 2015 03:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9491 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |