Sujadi, Umi Janurwati (2013) PRINSIP KERJA SAMA TUTURAN ANTARTOKOH DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (304Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (389Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (291Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (848Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan prinsip kerja sama tuturan antartokoh dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi-kan prinsip kerja sama antartokoh dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, tebal novel 473 halaman, cetakan ketiga Januari 2011, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan prinsip kerja sama pada novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi meliputi penaatan dan pelanggaran maksim. Maksim-maksim tersebut, yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan maksim cara. Berdasarkan 496 data yang diperoleh, data yang menaati semua maksim yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan cara sebesar 371 (74,80%) dan 1 (0,20%) data yang melanggar semua maksim yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan cara. Nilai-nilai pendidikan berkarakter yang terdapat dalam penelitian ini meliputi percaya diri, cinta ilmu, bertanggung jawab, disiplin, religius, bersikap logis, kritis, kreatif, dan inovatif, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, menghargai karya dan prestasi orang lain, cinta lingkungan, kebangsaan, nasoinalis, dan menghargai keragaman. Kajian tentang prinsip kerja sama berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia serta dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran dalam keterampilan berbicara.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PK Indo-Iranian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 03:20 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/995 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |