Sumarjo, ADES PANGESTU (2013) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf - Published Version Download (506Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (649Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi yang diperoleh di SMP Negeri 3 Metro adalah bahwa keterampilan proses sains siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KPS siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan KPS siswa dalam pembelajaran adalah menggunakan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap KPS dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di SMP Negeri 3 Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa KPS siswa dalam semua aspek (mengobservasi, mengidentifikasi, mencatat data, menginterpretasi dan menginferensi) mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (35,55); postes (64,58); N-gain (44,07). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria baik. Pada aspek mengemukakan pendapat bernilai sebesar 80,21%; bekerjasama dengan teman 81,25%; melakukan kegiatan diskusi 83,33%; dan menjawab pertanyaan 79,17%. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktikum dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh dalam meningkatkan KPS dan akivitas belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:13 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |