PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

RANI RAHMAWATI, 1113053089 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (518Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemelitian ini dilator belakangi oleh hasil observasi di kelas IV SD Negeri 2 Notoharjo, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester pada semester ganjil, dari 14 siswa kelas IV hanya ada 6 siswa atau 42,86% yang telah mencapai KKM dan ada 8 siswa atau 57,14% siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Think Talk Write pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas berbentuk siklus dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 62,38 dengan kategori aktif, dan meningkat sebesar 9,29 menjadi 71,67 pada siklus II dengan kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I (57,14%) meningkat sebesar 21,43%, menjadi (78,57%) pada siklus II dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 63,16 dengan kategori tinggi, dan meningkat sebesar 8,34 menjadi 71,5 pada siklus II dengan kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siklus I (57,14%) meningkat sebesar 21,43%, menjadi (78,57%) pada siklus II dengan kategori tinggi. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, dan strategi think talk write

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2047172 . Digilib
Date Deposited: 01 Jun 2015 07:49
Terakhir diubah: 01 Jun 2015 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir