PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A SD NEGERI 2 BUMIHARJO

Riyani Cahyanti, 1113053099 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A SD NEGERI 2 BUMIHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (612Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A SD NEGERI 2 BUMIHARJO Oleh RIYANI CAHYANTI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata komponen aktivitas siswa secara klasikal sebesar 72,78 dengan persentase siswa aktif 52,38% (kategori cukup), siklus II sebesar 78,49 dengan persentase siswa aktif 80,95% (kategori sangat aktif). Adapun rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 70,17 (kriteria tinggi) dan siklus II sebesar 77,02 (kriteria tinggi). Sedangkan rata-rata hasil belajar afektif siklus I 58,97 (kriteria cukup) dan siklus II 68,89 (kriteria baik). Rata-rata hasil belajar psikomotor siklus I 59,37 (kriteria cukup) dan siklus II 70,63 (kriteria baik). Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci:aktivitas, cooperative learning tipe picture and picture, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 0110726 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 02:38
Last Modified: 03 Jun 2015 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item