Iskandar , CINDE FUTRIYAH (2013) PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEA F LET DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (389Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (365Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (286Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (167Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (331Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3243Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik melalui uji normalitas data dan kemudian dengan uji Mann- Whitney U menggunakan bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan data angket kemenarikan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan penguasaan materi oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 21,61 %; kontrol = 17,50 %). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 84,52 %; kontrol = 75,62%). Sebanyak 94,75% dari 31 siswa pada kelas eksperimen memberikan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode diskusi kelompok berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci : Bahan Ajar Leaflet, Metode Diskusi, Aktivitas Belajar, Penguasaan Materi, dan Ekosistem.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:41 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |