ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH KREDIT UKM BANK MANDIRI BANDAR LAMPUNG

M. IDUAN ARAFAH, 1221011012 (2015) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH KREDIT UKM BANK MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Univeristas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstract.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf

Download (366Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pernyataan.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Persetujuan.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Moto.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Gambar.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Tabel.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (263Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (49Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAKS ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH KREDIT UKM BANK MANDIRI BANDAR LAMPUNG Oleh M. IDUAN ARAFAH Kepuasan nasabah merupakan ukuran untuk mengetahui kualitas jasa yang ditawarkan suatu bank. Hal tersebut berarti bahwa jika kepuasan nasabah tercapai berarti pula kualitas jasa dapat memenuhi harapan nasabah sehingga menyebabkan nasabah melakukan pembelian ulang dan meningkatkan penjualan. PT Mandiri (Persero) Tbk sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia saat ini yang didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Unit Bisnis Banking Center (BBC) Bank Mandiri Bandar Lampung sebagai salah satu unit bisnis di Bank Mandiri yang dalam usahanya meningkatkan ekspansi kredit ditengah persaingan Perbankan yang ketat saat ini, dituntut untuk dapat tampil dengan kualitas pelayanan bank yang baik. Salah satu program pemasaran bank adalah menciptakan hubungan kemitraan dengan nasabah sebagai salahsatu cara mencapai tujuan perusahaan. Kemitraan antara lain membentuk loyalitas nasabah, hal ini berarti mempertahankan dan memelihara nasabah yang telah ada lebih ditekankan daripada menciptakan nasabah baru. Kualitas jasa yang dirasakan nasabah pada dasarnya merupakan tingkat kepuasan nasabah (customer satisfaction). Karena itu kepuasan nasabah merupakan ukuran untuk mengetahui kualitas jasa yang ditawarkan perusahaan. Hal tersebut berarti bahwa jika kepuasan nasabah tercapai berarti pula kualitas jasa dapat memenuhi harapan nasabah sehingga menyebabkan nasabah melakukan pembelian ulang dan meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi nasabah atas bauran pemasaran Bank Mandiri BBC Bandar Lampung. Dan Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas nasabah kredit Bank Mandiri Bandar Lampung Sampel diambil sejumlah 90 responden yang merupakan debitur UKM Bank Mandiri Lampung. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif yang bersifat eksploratif akan digunakan untuk mengetahui profil nasabah dan bagaimana tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan yang disampaikan oleh Bank Mandiri Business Banking (BBC) Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel bebas yaitu faktor produk, faktor harga, faktor distribusi, faktor promosi, faktor proses, faktor people dan faktor tampilan fisik dari bank mandiri rata-rata konsumen memberikan skor 4. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa bauran produk yang ditawarkan kepada nasabah oleh Bank Mandiri sudah baik. Persepsi nasabah atas bauran pemasaran berpengaruh signifikan pada berbagai tingkatan pinjaman dapat diterima. Nasabah dengan tingkat pinjaman sampai dengan Rp. 500 juta faktor harga yang berpengaruh paling besar dengan koefisien besarnya pengaruh sebesar 4,776. Artinya apabila faktor lain dianggap tetap maka akan meningkatkan besarnya pinjaman nasabah untuk golongan ini sebesar 4,776 nasabah. Faktor produk merupakan faktor kedua terbesar yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil kredit di Bank Mandiri. Selanjutnya disusul faktor manusia, faktor promosi, faktor proses, faktor distribusi dan terakhir adalah faktor tampilan fisik. Kebijakan yang perlu dilakukan oleh manajemen PT. Bank Mandiri adalah tetap meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas pendukung layanan, kemampuan dan keramahan pegawai, serta mengevaluasi secara kontinyu prosedur pinjaman maupun suku bunga pinjaman yang ditetapkan agar dapat selalu menyesuaikan dengan kondisi dan keinginan nasabah serta tujuan dari bank itu sendiri. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kepuasan nasabah yang akan meningkatkan loyalitas nasabah. Kata Kunci : loyalitas nasabah ABSTRACT ANALYSIS OF MARKETING MIX AND EFFECT TO CUSTOMER LOYALTY SME CREDIT BANK MANDIRI BANDAR LAMPUNG By M. IDUAN ARAFAH Customer satisfaction is a measure to determine the quality of services being offered a bank . This means that if the customer satisfaction is achieved mean also quality services to meet the expectations of customers , causing customers make repeat purchases and increase sales . PT Mandiri ( Persero ) Tbk as one of the largest banks in Indonesia which was established on October 2, 1998 , as part of the bank restructuring program implemented by the Indonesian government . Business Unit Banking Center ( BBC ) Bank Bandar Lampung as one of the business units in the bank that in its efforts to improve banking credit expansion amid tight competition this time , are required to be able to come up with a good quality of banking services . One of the bank's marketing program is to create a partnership with our customers as one of the main ways to achieve company goals . Another form of partnership between customer loyalty , this means maintaining and nurturing existing customers is more emphasized than creating new customers . Customer perceived service quality is basically the level of customer satisfaction (customer satisfaction ) . Because the customer satisfaction is a measure to determine the quality of the services offered by the company . This means that if the customer satisfaction is achieved mean also quality services to meet the expectations of customers , causing customers make repeat purchases and increase sales . The purpose of this study was to determine the perceptions of customers over the marketing mix of Bank BBC Bandar Lampung . The influence of the marketing mix and customer loyalty to loan Bandar Lampung Samples taken a total of 90 respondents who are debtors SME Bank Lampung . The analysis technique used in this research is explorative of descriptive analysis will be used to determine the customer's profile and how the level of customer satisfaction with quality of services delivered by Bank Business Banking ( BBC ) Lampung . The results showed that, overall, the independent variables are factors , factor prices , factor distribution , promotion factor , factor process , people factor and the physical appearance factor independent of the average bank customer scoring 4. Based on this it can be concluded that the product mix offered to customers by the Bank has been good . Customer perception of a significant effect on the marketing mix at various levels acceptable loan . Customers with rate loans up to Rp . 500 million factors that influence the price of the greatest amount of influence coefficient of 4.776 . This means that if other factors being equal , it will increase the amount of customer loans for this group amounted to 4.776 customers . Factors products are the second-largest factor affecting customers in taking credit at Bank Mandiri . Next followed the human factor , promotion factor , factor process , distribution and final factor is the factor of physical app Policy needs to be done by the management of PT . Bank Mandiri is still improving the quality of services and facilities to support services , ability and friendliness of employees , and continuously evaluate the loan procedures and loan rates are set in order to constantly adjust to the conditions and customer desires and objectives of the bank itself . It is expected to increase customer satisfaction that will increase customer loyalty. Keywords: Quality of service

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 5441556 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2015 03:34
Terakhir diubah: 13 Jun 2015 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir