UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 5 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0913099020, PAIRIN (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 5 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (227Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DEPAN.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
hal depan.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi awal, atas pembelajaran Matematika bagi siswa kelas V di SD Negeri 5 Metro Timur diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau 30% siswa tuntas dan 21 siswa atau 70% siswa belum tuntas, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut. Untuk mengatasi kondisi pembelajaran di atas peneliti menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuaan pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data delakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 54,8 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 64,3. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,3. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 70% (21 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (30 siswa).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Aug 2015 03:47
Terakhir diubah: 14 Aug 2015 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir