0743024002, ACHMAD FAUZI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. COVER DEPAN NJIK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTARK NJIK.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN k.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA bimbing.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI FIX.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (421Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 5 Natar terhadap siswa kelas VIII hasil belajar biologi pada materi pokok Sistem Pencernaan masih rendah, yaitu 57,0 di bawah standar ketuntasan belajar minimal di sekolah tersebut 68,0. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran disajikan dengan metode ceramah dan hanya menggunakan bahan ajar LKS. Sehingga perlu variasi bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu alternatif bahan ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah leaflet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test non equivalen, dengan menggunakan teknik sampling menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan data iii Achmad Fauzi kualitatif diperoleh data aktivitas dan data kemenarikan bahan ajar leaflet. Pengambilan data hasil belajar diperoleh dari pre-test dan post-test dengan analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar oleh siswa pada kelas yang menggunakan baha ajar leaflet dengan rata – rata hasil belajar pada kegiatan pre-test adalah 53,53 meningkat menjadi rata-rata post-test adalah 75,42 denga N-gain sebesar 46,67. Peningkatan hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mengalami peningkatan dari pertemuan I rata-rata semua aspek sebesar 2,20 meningkat pada pertemuan II menjadi rata-rata 2,46 pada aktivitas kelas yang menggunakan bahan ajar leaflet. Dari data kemenarikan bahan ajar leaflet 100% siswa menyatakan setuju pada pernyataan leaflet.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:15 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12603 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |