0743024029, I KOMANG SUTAWIJAYA (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK VIRUS OLEH SISWA. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. KOVER.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. KOVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. halaman persetujuan.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.bSANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (135Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penguasaan materi pokok Virus oleh siswa kelas X SMA SWADHIPA Natar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih dominan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelas menyebabkan kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya pemamahaan siswa terhadap materi yang di ajarkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa adalah penggunaan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok Virus oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf iii I Komang Sutawijaya kepercayaan 95% melalui program SPSS 17. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Data penelitian ini diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan madia kartu bergambar dengan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan materi oleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (eksperimen = 79,41; kontrol = 70,20). Selain itu, rata-rata peningkatan penguasan materi semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 48,28; kontrol = 43,22). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 85,18; kontrol = 76,30). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar dengan model pembelajaran NHT berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi pokok Virus oleh siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:15 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12607 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |