IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBEKALAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT (TNI-AD) UNTUK DAERAH KONFLIK MENGGUNAKAN TEKNIK MARKER TANGIBLE

0617032019, RADITYA ANDI PUJAKESUMA (2012) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBEKALAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT (TNI-AD) UNTUK DAERAH KONFLIK MENGGUNAKAN TEKNIK MARKER TANGIBLE. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (300Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1073Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual 3D dengan lingkungan nyata secara real time. Penelitian ini akan menggabungkan teknologi AR ke dalam materi pembekalan persenjataan dan perlengkapan personil TNI-AD dengan menerapkan teknik marker tangible, sehingga proses pembekalan menjadi lebih menarik dengan adanya objek persenjataan dan perlengkapan. Media virtual pembekalan ini memerlukan video streaming dengan alat bantu kamera sebagai sumber masukkan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker dideteksi, objek persenjataan dan perlengkapan akan tampil tepat di atas marker sehingga tampak nyata. Untuk menampilkan persenjataan dan perlengkapan AR ini, objek harus terlebih dahulu dibuat dengan menggunakan perangkat lunak 3D (autodesk 3D max 9). Setelah objek persenjataan dan perlengkapan telah selesai dibuat kemudian dilakukan pengubahan format yaitu diubah ke dalam format .MESH. Kata kunci : Augmented Reality, pembekalan persenjataan dan perlengkapan personil TNI-AD, marker tangible.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:48
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 08:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir