PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 OKU Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013)

Nainggolan, VIVI ALVIONITA. N (2013) PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 OKU Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version

Download (452Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 14 OKU, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa belum optimal dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI1 dan XI2 yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. VIVI ALVIONITA iii Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dari semua aspek rata-rata berkriteria tinggi. Pada aspek kemampuan mengemukakan ide/pendapat yaitu 77,4, pada aspek kemampuan bertanya yaitu 89,7, dan aspek kemampuan menjawab pertanyaan yaitu 85,7. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,0, nilai postes 80,4 dan N-gain 0,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video berperangaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem pernapasan oleh siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, dan sistem pernapasan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 07 Jan 2014 07:45
Terakhir diubah: 07 Jan 2014 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir