0543024044, Suhaena (2011) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampung). UNSPECIFIED.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3732b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4 new.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (149Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5 new.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R terhadap penguasaan konsep pada materi Ekosistem oleh siswa SMPN 13 Bandar Lampung, (2) pengaruh penggunaan metode pembelajaran PQ4R terhadap aktivitas belajar pada materi Ekosistem oleh siswa SMPN 13 Bandar Lampung Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung, dengan sampel siswa kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretes-postes non ekuivalen. Data penelitian ini berupa penguasaan konsep pada materi pokok ekosistem yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Data tersebut dianalisis secara statistik dengan uji t melalui program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan penguasaan konsep pada materi Ekosistem oleh siswa. Hal ini dapat dilihat pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran PQ4R didapat rata-rata N-gain (49,50) sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah didapat rata-rata N-gain (36,65). Penggunaan metode pembelajaran PQ4R juga meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut terjadi pada setiap indikator metode PQ4R siswa yang digali, yaitu Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Pada kelas eksperimen aspek aktivitas belajar siswa yang tertinggi adalah membaca sebesar 88,44% dan aktivitas terendahnya adalah memahami informasi sebesar 78,88%. Sedangkan pada kelas kontrol aktivitas yang tertinggi adalah membaca sebesar 66,66% dan aktivitas terendahnya adalah bertanya sebesar 44,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran PQ4R meningkatkan penguasaan konsep pada materi Ekosistem sehingga metode pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap penguasaan konsep pada materi pokok Ekosistem oleh siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Kata kunci : metode PQ4R, penguasaan konsep, Ekosistem
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:15 |
Terakhir diubah: | 02 Nov 2015 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13675 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |