EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung)

0813021052, Sutrisno (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. dan 3 COVER.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. MOTTO.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IIIi.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (218Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang dapat dilihat dari nilai siswa setelah diadakan tes. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa memahami konsep dengan baik adalah metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Bandar Lampung T.P. 2011/2012, melalui teknik purposive random sampling, terpilih kelas VIIIA dan VIIIB sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada rata-rata nilai pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, (2) rata-rata nilai peningkatan (gain) pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, (3) persentase siswa yang tuntas belajar pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing mencapai 75%. Jadi, pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, penemuan terbimbing, pemahaman konsep

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:02
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir