0813052024, Dwi Meilia Wati (2012) UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (439Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah interaksi sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gedong Tataan tahun pelajaran 2011/2012?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gedong Tataan tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 5 siswa kelas VII yang memiliki interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji beda wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = -2,032 < z tabel = –1,645 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan demikian, konseling kelompok dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan siswa yang berkaitan dengan interaksi sosial. Saran yang diberikan adalah (1) siswa yang memiliki interaksi sosial rendah hendaknya berusaha untuk meningkatkan interaksi sosialnya, sehingga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari tidak mengalami suatu hambatan dalam membina hubungan dengan orang lain, (2) guru Bimbingan dan Konseling hendaknya melakukan kegiatan konseling kelompok dalam meningkan interaksi sosial siswa. (3) Kepada para peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama tetapi dengan subjek yang usianya berbeda. Kata kunci : Interaksi sosial, Konseling Kelompok
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:02 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13701 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |