0813024057, Yulia (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Natar Kab. Lampung Selatan Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Semester Genap Tahun ajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER LUAR.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.abstrak.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.MOTTO.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Pernyataan.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 Daftar Isi.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I .pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II .pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III .pdf Download (197Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (365Kb) |
||
|
File PDF
bab V .pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (90Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Aktivitas siswa merupakan fokus utama dari kegiatan belajar mengajar. Namun, hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi di kelas X SMA Negeri 1 Natar, diketahui bahwa aktivitas belajar oleh siswa belum dikembangkan secara optimal karena belum menggunakan metode/model pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan aktivitas belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe STAD terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe STAD yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada aspek bertanya bernilai sebesar 92,38 aspek menjawab pertanyaan sebesar 77,14, dan aspek mengemukakan pendapat/ide sebesar 82,86. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 44,4, nilai postes 76,2 dan N-gain 0,56. Data angket menunjukkan bahwa semua siswa (100%) merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran tipe STAD, model tersebut menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan kelompok. Sebanyak (97,14 %) siswa berpendapat bahwa model pembelajaran tipe STAD membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi tersebut sehingga lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan model pembelajaran tipe STAD. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci : Model pembelajaran STAD, aktivitas belajar, penguasaan konsep dan pencemaran lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:05 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13770 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |