PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA SMA NEGERI 1 ANAK RATU AJI T.P 2010/2011

0643024048, Risna Novalia (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI TERHADAP KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA SMA NEGERI 1 ANAK RATU AJI T.P 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
DAPUS.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
I.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
II.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
III.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] FIle PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (250Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
1. COVER DEPAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3. COVER SARJANA.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. LMBAR MENYETUJUI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5. LMBAR MENGESAHKAN.pdf

Download (4066b) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (4079b) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
9. MOTTO.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (180Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model reciprocal teaching pada materi pokok keanekaragaman hayati terhadap kemampuan generik sains siswa di SMA Negeri 1 Anak Ratu Aji T.P 2010/2011 dan untuk mengetahui kemampuan generik sains siswa yang lebih tinggi antara kelas yang menggunakan model reciprocal teaching dan kelas yang tidak menggunakan model reciprocal teaching (menggunakan model direct instruction). Desain yang digunakan adalah pretes-postes tak ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap T.P 2010/2011 SMA Negeri 1 Anak Ratu Aji, dengan sampel siswa-siswi kelas XA sebagai kelas eksperimen dan siswa-siswi kelas XB sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu kemampuan generik sains meliputi pengamatan tak langsung, inferensi logika, hukum sebab akibat, dan membangun konsep dengan materi pokok keanekaragaman hayati yang diperoleh dari nilai pretes, postes, N-gain, dan LKS pada tiap pertemuan. Data pretes, postes dan N-gain siswa tersebut kemudian dianalisis dengan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu kemampuan generik sains siswa (pengamatan tak langsung, inferensi logika, hukum sebab akibat, dan membangun konsep) yang diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan generik sains siswa yang menggunakan model reciprocal teaching dibandingkan dengan kemampuan generik sains siswa yang menggunakan model direct intruction pada materi pokok keanekaragaman hayati. (2) kemampuan generik sains siswa materi pokok keanekaragaman hayati dengan menggunakan model reciprocal teaching dengan nilai (N-gain 39,96) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan generik sains siswa yang menggunakan model direct instruction (N-gain 31,26). Dari nilai LKS terlihat bahwa rata-rata nilai LKS pada pertemuan ke-1 dan ke-2 kelas eksperimen (86,84 dan 88,16) lebih tinggi daripada kelas kontrol (83,95 dan 87,10). Selain itu, dari lembar observasi persentase KGS dengan indikator pengamatan tak langsung (100%), inferensi logika (82,9%), hukum sebab akibat (78,9%), dan membangun konsep (80,7%) terlihat bahwa persentase pengamatan tak langsung lebih tinggi dibanding indikator yang lain. Dengan demikian, penggunaan model reciprocal teaching berpengaruh signifikan terhadap kemampuan generik sains siswa (KGS). Kata kunci : model reciprocal teaching, kemampuan generik sains (KGS)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:18
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13806

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir