PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs. AL-HIKMAH Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)

0713024029, Fatimatuzzahra (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs. AL-HIKMAH Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (921Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (378Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (1006Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar_isi.pdf

Download (261Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (470Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (1153Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

MTs. Al-Hikmah Bandar Lampung terletak pada lingkungan komplek perumahan. Keadaan lingkukngan sekolah yang terbatas menyebabkan siswa sulit untuk mengalami pembelajaran secara langsung. Untuk itu penggunaan media akan efektif digunakan jika dikombinasikan dengan model pembelajaran yang tepat dalam menggali keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa yang paling tinggi antara pembelajaran yang menggunakan media maket dengan model inkuiri terpimpin dengan pembelajaran yang menggunakan media gambar dengan metode diskusi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan data tanggapan siswa yang diperoleh dari angket siswa. Data kuantitatif berupa nilai pretest, posttest, dan N- Fatimatuzzahra gain siswa yang diperoleh berdasarkan tes awal pada awal pertemuan dan tes akhir pada akhir pertemuan, dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rataan peningkatan dari setiap indikator keterampilan berpikir kritis, yaitu pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 50,65% dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 33,13% dengan kategori rendah. Selain itu dari hasil penelitian ini juga diketahui rata-rata aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelompok eksperimen yaitu 71,37 tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 66,70. Hasil belajar berupa keterampilan berpikir kritis siswa yang dihitung dengan N-gain pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini dilihat dari perolehan nilai thitung > ttabei terhadap nilai N-gain KBK siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa KBK siswa pada materi pokok ekosistem yang menggunakan media maket dengan model pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media gambar dengan metode diskusi dan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media maket dengan model pembelajaran inkuiri terpimpin terhadap KBK siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci: media maket, inkuiri terpimpin, keterampilan berpikir kritis, ekosistem.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:25
Terakhir diubah: 05 Nov 2015 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir