EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA AL KAUTSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Esti , Hariani (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA AL KAUTSAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (318Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (288Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Al kautsar Bandar lampung tahun pelajaran 2014 / 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengandesain Non Equivalen Control Group. Teknik pengumpulan data dengan tes. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t testdan efec size, sedangkan untuk hipotesis kedua menggunakan N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan pada uji T untuk kedua kelas, diperoleh Sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung >t tabel , yaitu t- test. t hitung 6,624 dan t 1,68385 sehingga Ho ditolak yang berarti Ha diterima karenat hitung >t tabel tabel . Hal ini berarti terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model ekspositori. Berdasarkan hasil perhitungan uji efec size calculate d and r menggunakan t value dan df, juga diperoleh cohen’s d 1,50 dan efec size 0,60 termasuk dalam kriteria Large, sehingga dapat dikatakan bahwa efeknya adalah besar. Efektivitas pembelajaran dilihat dari perhitungan nilai N-Gain yang menunjukan bahwa nilai N-Gain kelas kontrol 0,45 dan Gain kelas eksperimen diperoleh angka 0,59. Hal ini menunjukan bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dan dalam kategori baik atau efektif. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, model ekspositori, keterampilan berfikir kritis. ABSTRACT study aims to determine the effectiveness of learning by the application of problem-based learning model to improve students' critical thinking skills in the subject of sociology. The population in this study were all students of class XI IPS SMA Al Kautsar Bandar Lampung in academic year 2014 / 2015. The samples were taken using cluster random sampling technique. The method used is a quasiexperimental design with non-equivalent control group. Data collection techniques to the test. The first hypothesis testing using t test and efec size, while for the second hypothesis using N Gain. The results showed that the T test Based on the calculations for the second class, obtained Sig. 0.000 <0.05 and t count> t table, the t-test. tcount 6.624 and 1.68385 ttable so Ho rejected, which means Ha accepted because t count> t table. This means that there are differences in critical thinking skills of students learning using problem-based learning model and the model of expository. Based on the results of test calculations Efec calculate size d and r using the t value and df, the obtained cohen's d 1.50 and 0.60 are included in the efec size large criteria, so that it can be said that the effect is large. The effectiveness of learning seen from the calculation of the value of the N-Gain indicating that the value of N-Gain control class 0.45 and 0.59 figures obtained experimental class. This shows that the value of N-Gain experimental class is higher and in the category of good or effective. Keywords: Problem-based learning, a model expository, critical thinking skills.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: > HM Sociology
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 5231809 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2015 02:54
Terakhir diubah: 28 Oct 2015 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir