Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung

1013066002, Aisyah (2011) Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Melalui Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
covert2.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Penilaian PTK q.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (168Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pem- belajaran dengan teknik menulis terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi melalui teknik latihan terbimbing khususnya siswa kelas V SD Negeri 2 Kampung Baru Kecamatan Kedaton Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Kampung Baru tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Aisyah Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam mengarang deskripsi diperoleh rata-rata nilai sebesar 54,78 atau dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknik latihan terbimbing diperoleh rata-rata nilai kemampuan mengarang deskripsi pada siklus I sebesar 61,7 dengan kategori sedang, atau meningkat sebesar 7,7 atau 30,4%. Kemampuan mengarang deskripsi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,4 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 8,7 atau 37,8%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi siswa.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 23 Nov 2015 06:02
Terakhir diubah: 23 Nov 2015 06:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir