PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF (PTK pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tritunggal Tahun Pelajaran 2011/2012)

1013137027, Warsilah (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF (PTK pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tritunggal Tahun Pelajaran 2011/2012). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1 Cover s.d Daftar Gambar Warsilah.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
2 PTK_Warsilah Bab 1,2,3,4,5.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (388Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dari hasil Nilai ulangan harian siswa kelas IV SD Negeri Tritunggal menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa masih rendah, yaitu 43 %. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan pembelajaran IPS yang dilaksanakan selama ini belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Interaktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus meliputi kegiatan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Dari penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1, 2, dan 3 berturut-turut sebesar 57,17 % (cukup aktif) ; 74,59 % (aktif) ; dan 79,78 % (aktif), yang berarti bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 17,42 % pada siklus 2 dan 5,19 % pada siklus 3. Persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1, 2, dan 3 berturut- turut sebesar 38 %, 67 %, dan 86 %, yang berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29 % pada siklus 2 dan 19 % pada siklus 3. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tritunggal Tahun Pelajaran 2011/2012.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:14
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir