PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

0513023017, ATIEK ANDESTA (2010) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (483Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (124Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil wawancara terhadap 12 guru kimia pada berbagai SMA di Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa 91,7% belum menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan 8,3% telah menggunakan LKS, namun LKS yang digunakan belum dirancang berdasarkan indikator keterampilan generik sains. Oleh karena itu, perlu dirancang LKS berbasis keterampilan generik sains pada materi pokok hukumhukum dasar kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis KGS dan mengetahui (1) tingkat keterbacaan LKS; (2) tingkat keterlaksanaan LKS; (3) peningkatan KGS siswa setelah penggunaan LKS; dan (4) tanggapan siswa maupun guru mengenai keunggulan dan kelemahan LKS. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada alur penelitian Borg and Gall (2003). Tahapan penelitian yang telah dilaksanakan dimulai dari analisis kebutuhan sampai dengan revisi LKS kedua. Uji ahli dilakukan oleh satu orang dosen, sedangkan uji coba terbatas dilaksanakan di SMA Arjuna Bandar Lampung terhadap 25 siswa kelas X, metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan one group pre-test and post-test. Hasil penelitian ini adalah (1) LKS berbasis KGS mempunyai tingkat keterbacaan 76,65% dan tingkat keterlaksanaan 74,71 % , keduanya berkriteria tinggi; (2) Penggunaan LKS berbasis keterampilan generik sains mampu meningkatan keterampilan generik sains siswa untuk (a) bahasa simbolik 0,42; (b) membangun konsep 0,67, menurut Hake (1998) keduanya berkriteria sedang dan (c) inferensi logika 0,82 berkriteria tinggi, (3) Tanggapan siswa dan guru mengenai LKS yang dikembangkan adalah (a) keunggulannya menurut siswa yaitu dapat terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran dan lebih mudah melakukan percobaan, sedangkan menurut guru dapat membantu untuk melatihkan keterampilan generik sains siswa; (b) kelemahannya menurut siswa yaitu kurangnya ilustrasi gambar pendukung materi sedangkan menurut guru mahalnya biaya yang diperlukan untuk mencetak LKS yang dikembangkan. Kata kunci : Pengembangan, LKS, Keterampilan Generik Sains (KGS)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:58
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir