PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU SK EKONOMI MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pesisir Utara)

M.Tarif, BENI SAPUTRA (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU SK EKONOMI MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pesisir Utara). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
2. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Persetujuan.pdf - Published Version

Download (2322Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2237Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Pernyataan.pdf - Published Version

Download (797Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (454Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (251Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran-Lampiran.pdf - Published Version

Download (383Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses kegiatan belajar mengajar yang banyak berlangsung di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia khususnya Lampung masih banyak menggunakan pembelajaran yang bersifat tradisional. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode ceramah, yaitu sebuah metode pembelajaran yang bersifat teacher centered. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh motivasi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Pesisir Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester Ganjil SMP Negeri 3 Pesisir Utara sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 54 orang. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 48 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif tentang motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Pesisir Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 5,771 > 4,3009 dengan persamaan regresi Y = 26,262 + 0,373X yang menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Koopratif tipe STAD . 2. Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Pesisir Utara Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran Koopratif tipe STAD dengan nilai korelasi sebesar 0,334 serta kontribusi sebesar 11,1%. Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 09 May 2014 07:58
Terakhir diubah: 09 May 2014 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir