0643023035, Wasito (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID SISWA XI IPA SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG (Kuasi Eksperimen pada kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung TP 2011-2012). Digital Library.
|
File PDF
bab II ku.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III ku.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iku baru.pdf Download (273Kb) | Preview |
|
File PDF
bab ivku.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (408Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Cover.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover in.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MOTTO.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERSEMBAHAN.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Sanwacana.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. DAFTAR ISI.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAKku.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (77Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan wawancara diperoleh informasi nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok koloid pada tahun pelajaran 2010-2011 adalah 5,5 dan yang men-capai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 51,85%. Meskipun pem-belajaran di sekolah tersebut melaksanakan kegiatan praktikum, namun dalam pelaksanaannya siswa tidak dilatihkan keterampilan observasi sebagai salah satu keterampilan proses sains karena gambar,tabel maupun grafik hasil pengamatan telah tersedia dalam LKS dan siswa tidak dilatihkan mengungkapkan gagasan secara tertulis. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan mene-rapkan pembelajaran problem solving untuk melatih keterampilan observasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan observasi dan penguasaan konsep koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggu-na¬kan teknik total sampling, berdasarkan teknik ini diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes-postes control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional, dan variabel terikatnya adalah keterampilan observasi dan penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan observasi dan penguasaan konsep yang signifikan antara siswa yang pembelaja-rannya menerapkan pembelajaran problem solving dengan pembelajaran konven-sional. Pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keteram-pilan obsevasi dan penguasaan konsep koloid daripada pembelajaran konven¬sional. Kata kunci : Pembelajaran problem solving, pembelajaran konvensional, keterampilan observasi, penguasaan konsep, koloid
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:10 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15840 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |