EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID SISWA XI IPA SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG (Kuasi Eksperimen pada kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung TP 2011-2012)

0643023035, Wasito (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID SISWA XI IPA SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG (Kuasi Eksperimen pada kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung TP 2011-2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
bab II ku.pdf

Download (242Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III ku.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iku baru.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img] File PDF
bab ivku.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (408Kb)
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover in.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MOTTO.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERSEMBAHAN.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Sanwacana.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAKku.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan wawancara diperoleh informasi nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok koloid pada tahun pelajaran 2010-2011 adalah 5,5 dan yang men-capai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 51,85%. Meskipun pem-belajaran di sekolah tersebut melaksanakan kegiatan praktikum, namun dalam pelaksanaannya siswa tidak dilatihkan keterampilan observasi sebagai salah satu keterampilan proses sains karena gambar,tabel maupun grafik hasil pengamatan telah tersedia dalam LKS dan siswa tidak dilatihkan mengungkapkan gagasan secara tertulis. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan mene-rapkan pembelajaran problem solving untuk melatih keterampilan observasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan observasi dan penguasaan konsep koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggu-na¬kan teknik total sampling, berdasarkan teknik ini diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan pretes-postes control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional, dan variabel terikatnya adalah keterampilan observasi dan penguasaan konsep. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan observasi dan penguasaan konsep yang signifikan antara siswa yang pembelaja-rannya menerapkan pembelajaran problem solving dengan pembelajaran konven-sional. Pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keteram-pilan obsevasi dan penguasaan konsep koloid daripada pembelajaran konven¬sional. Kata kunci : Pembelajaran problem solving, pembelajaran konvensional, keterampilan observasi, penguasaan konsep, koloid

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:10
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15840

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir