0713022030, Fera Syeliyani PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (446Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISi.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar persetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas VIIA SMP Negeri 1 Trimurjo, diketahui bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan oleh guru terbatas pada menjelaskan materi, memberi contoh soal, dan latihan menyelesaikan soal. Kegiatan praktikum terhambat karena alat dan bahan masih terbatas, dan laboratorium yang masih tergabung dengan pelajaran lain sehingga siswa kurang menguasai konsep fisika dengan baik. Hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan memecahkan masalah fisika untuk memenuhi standar yang ditetapkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat, motivasi, dan kemampuan memecahkan masalah selama pembelajaran dengan model pembelajaran CLIS pada pokok bahasan Perpindahan Kalor. Model CLIS terdiri dari 5 tahap yaitu orientasi, pemunculan gagasan, penyusunan gagasan ulang, Fera Syeliyani penerapan gagasan dan mengkaji ulag perubahan gagasan. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIA SMP Negeri 1 Trimurjo yang berjumlah 37 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase minat siswa dalam perhitungan N-Gain sebesar 17,15% kategori sedang dan 82,85% kategori rendah, pada persentase motivasi 14,29% kategori sedang dan 85,71% kategori rendah, dan pada persentase kemampuan memecahkan masalah sebesar 77,1% kategori sedang dan 22,9 % kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran CLIS dapat mempengaruhi minat, motivasi dan kemampuan memecahkan masalah fisika. Kata kunci: minat, motivasi, kemampuan memecahkan masalah, CLIS.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:11 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15846 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |