1013071009, Supriyanto UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE STAD TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Sidomulyo, Pada Materi Gerak). Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (8Mb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
5.pdf Download (1396Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (23Mb) |
||
|
File PDF
COVER.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (3064b) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Aktivitas siswa yang rendah berdampak kepada hasil belajar siswa. Hasil belajar fisika siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011 kurang memuaskan. Dari penjelasan di atas, rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika pada kelas VII di SMPN 1 Sidomulyo rendah dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada materi IPA, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa mealui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi IPA. Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Supriyanto (1) Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara memberikan materi dan membagi siswa dalam kelompok, kemudian guru meminta siswa untuk saling berdiskusi dalam kelompoknya . Pada kegiatan ini Aktivitas siswa ditingkatkan dengan memberikan lembar kerja kelompok dengan melakukan percobaan sederhana. (2) Hasil belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan memberikan lembar kerja kelompok pada saat melakukan eksperimen, dan memberikan latihan soal mengenai kegiatan yang sudah dilakukan. (3) Penerapan model pembelajaran dengan pendekatan Kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Sidomulyo, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I sebesar 50,25% siklus II persentase meningkat 19,65% menjadi 69,9% dan pada siklus III persentase meningat 8% menjadi 77,9%. (4) Penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Sidomulyo, dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada setiap siklusnya. Dilihat dari ratarata hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang dignifikan, pada siklus I ratarata hasil belajar siswa 59,4, pada siklus II 66,8 dan pada siklus III sebesar 72,08. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:09 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15865 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |