EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU ( STUDI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) DI KOTA BANDAR LAMPUNG )

ROSIDAH, 1326061032 (2015) EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU ( STUDI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) DI KOTA BANDAR LAMPUNG ). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (389Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (776Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sertifikasi guru menjadi landasan menjamin keberadaan guru yang professional dengan kemampuan kerja yang maksimal. Dan ini merupakan tujuan nasional bagi pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan sertifikasi guru diharapkan mampu menjadi solusi bagi kemajuan pendidikan dan peningkatan kesejahteraan guru yang selama ini menjalani profesi guru adalah profesi pengabdian. Dengan diharapkan dengan adanya sertifikasi maka kesejahteraan guru bisa terwujud. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripskikan dan menganalisis hasil pelaksanaan sertifikasi guru di empat SMK di Kota Bandar Lampung tahun 2013/ 2014.Untuk menganalisis dampak sertifikasi guru di empat SMK di Kota Bandar Lampung tahun 2013/ 2014. Mendeskripsikan Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari kebijakan sertifikasi guru di Bandar Lampung. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan melihat perkembangan sebelum dan sesudah penelitian. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Kebijakan Sertifikasi Guru di Bandar Lampung adalah dari keempat Sekolah Menegah Kejuruan yaitu SMKN 4 Bandar Lampung, SMKN 6 Bandar Lampung, SMK Gajah Mada dan SMK Yapena Seorang guru harus mampu untuk melaksananakan perangkat pembelajaran secara profesional sehingga sertifikasi yang diterima layak dijadikan seorang guru profesional Memiliki jam mengajar 24 jam tatap muka sebagai syarat untuk memperoleh tunjangan sertifikasi. Karena dengan jumlah jam yang tepat maka saat itu seorang guru telah menerapkan ilmunya kepada siswa sesuai dengan jam pelajaran yang dilaksanakan pada proses belajar mengajar. Dampak Positif dari Kebijakan Sertifikasi Guru adalah :Tingkat kelulusan siswa mencapai 95 sampai dengan 100%. Proses belajar mengajar mengalami peningkatan dengan menggunakan kemajuan teknologi internet. Proses belajar mengajar dua arah antara siswa dan guru dengan mengupayakan pelajaran yang mudah dimengerti Guru meningkatkan kemampuan dengan melanjutkan pendidikan strata dua (S.2 ) Dampak negatif yang timbul dari sertifikasi adalah jam mengajar guru diharuskan 24 jam tatap muka dalam satu minggu sehingga terjadinya persaingan antara guru untuk jam mengajar untuk memenuhi persyaratan sertifikasi. Sertifikasi yang diberikan pemerintah memang untuk kesejahteraan guru dan meningkatkan profesional guru dalam mengajar. Namun yang terjadi dana yang diterima dipergunakan untuk penggunaan konsuntif saja. Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung adalah : diadakannya pendataan sekolah dan jumlah guru yang telah tersertifikasi. Adanya Instrumen supervise administrasi pembelajaran yang terdiri dari 23 item dokumen yang harus dimiliki oleh seorang guru Prosedur dan persyaratan sertifikasi bagi guru dalam jabatan.Adanya persyaratan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Guru ( PPG )Pengujian sertifikasi guru. Dan diperlukan pendataan guru yang melanjutkan studi. Disaran kepada pemerintah untuk meninjau ulang kebijakan tentang pemenuhan 24 jam mengajar untuk guru yang tersertifikasi. Kata Kunci : Dampak sertifikasi, sertifikasi guru, dampak kebijakan ABSTRACT POLICY IMPACT EVALUATION TEACHER CERTIFICATION IN BANDAR LAMPUNG ( STUDY IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL (SMK) IN BANDAR LAMPUNG ) Certification of teachers became the foundation guarantees the existence of a professional teacher with maximum workability. And this is a national goals for education in Indonesia. Implementation of teacher certification is expected to be a solution for the advancement of education and improving the welfare of teachers who have been undergoing the teaching profession is the profession of devotion. With the certification is expected by the teachers' welfare can be realized. The research objective is to describe and analyze the results of the implementation of teacher certification in four Vocational Schools in Bandar Lampung in 2013 / 2014. To analyze the impact of teacher certification in four Vocational Schools in Bandar Lampung in 2013 / 2014 by describe the efforts that can be done to minimize the negative impact of teacher certification policies in Bandar Lampung. The method used by qualitative descriptive approach to see progress before and after the study. The data collecting technique were conducted by interview, observation and documentation. The results Policy Teacher Certification in Bandar Lampung were from four schools, SMKN 4 Bandar Lampung, SMKN 6 Bandar Lampung, SMK Gajah Mada Bandar Lampung and SMKYapena Bandar Lampung. A teacher should be able to use learning tools in a professionally so the certification is received deserve to be a professional teacher Have teaching hours 24 hours face to face as a condition for obtaining benefits of certification. Because by the exact number of time, a teacher has applied his knowledge to students based on the time of the teaching learning process. Positive Impact of Teacher Certification Policy are: student graduation rate reached 95 to 100%. The learning process is improved by using advances in internet technology, two-way learning process between students and teachers by seeking lessons that are easy to understand, the teacher can improve their skill by continuing education at Strata Two (S.2) The negative impacts up from the certifications are the teacher should be teaching 24 hour on face to face in a week. So that there is a competitions between the teacher and one another to complete the requirements of certification. Certification was given by the government is right to in prove the teacher’s welfare and to increase the teacher’s professional in teaching. But on the way of the certifications that happened is the fund that receive by the teachers are used for comsumptive use only. Efforts that have been undertaken by Education Department of Bandar Lampung were: Documenting the school and the number of teachers who have been certified. The existence of administrative supervision Instrument learning that consists of 23 items that document must be owned by a teacher, the procedure and certification requirements for teachers in profession, the existence requirements following the Education and Teacher Training (PPG), Certification Testing teacher. The presence of the teacher data that further studies. Hopefully the government can review the policy on the fulfillment of 24 hours of teaching for teachers who are certified. Keywords: Impact certification, teacher certification, policy impact

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HB Economic Theory
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Administrasi
Pengguna Deposit: 6119344 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:50
Terakhir diubah: 23 Dec 2015 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir