1013071004, RAKHMAYUNI MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X – 3 SMAN 2 KALIANDA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN INTEGRASI PENILAIAN OTENTIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
Cover.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (263Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Kalianda diketahui bahwa nilai rata-rata ujian semester Ganjil tahun pelajaran 2010/2011 adalah 47,50 sedangkan standar ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah adalah 75.00 Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, baik secara mental maupun fisik untuk memecahkan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru sehingga pengetahuan yang diterimanya belum benar-benar terserap dengan baik. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Pembelajaran Aktif dengan Integrasi penilaian Otentik mampu membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, dimana dalam proses pembelajaran siswa terlatih untuk dapat bekerja sama dengan siswa lain, siswa juga terlibat langsung untuk menemukan dan memecahkan suatu masalah yang diberikan guru, serta dengan bimbingan guru siswa diajak untuk terbiasa bersikap ilmiah sehingga hasil belajar siswa akan lebih optimal. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan dan melihat hasil peningkatan minat, aktivitas, serta hasil belajar fisika siswa selama menerapkan pembelajaran aktif dengan penilaian otentik pada materi pokok Kinematika Gerak Lurus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat siswa dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 69,56 dengan kategori “Sedang”; siklus II sebesar 74.34 dengan kategori “Sedang”; dan pada siklus III meningkat menjadi 78.82 dengan kategori “Tinggi”. Kemudian peningkatan aktivitas belajar siswa diketahui berdasarkan nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 68,49 dengan kategori “Cukup Aktif”; siklus II sebesar 75,18 dengan kategori “Cukup Aktif”; dan pada siklus III meningkat menjadi 79,60 dengan kategori “Aktif”. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya, yaitu pada siklus I nilai rata-rata tes formatif siswa sebesar 69,26 dengan kategori “Belum Tuntas”; siklus II sebesar 73,15 dengan kategori “Belum Tuntas”, dan pada siklus III meningkat menjadi 75,71 dengan kategori ”Tuntas”.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:45 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16201 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |