PENGARUH SCAFFOLDING DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Asiman, Apriana (2014) PENGARUH SCAFFOLDING DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (562Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (534Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (180Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (216Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3793Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang menyukai fisika sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Scaffolding merupakan bantuan belajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa atau peserta didik secara berkelompok dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan teman sekelompok dan dapat mendorong siswa lebih aktif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari siswa kelas X IPA1, X IPA2, dan X IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Adiluwih Kab. Pringsewu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Peneliti melakukan penelitian di kelas X IPA1. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case Apriana study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu terdapat pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multrepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Persentase rata-rata scaffolding siswa adalah sebesar 64,11% dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 66,56 dengan kategori tinggi. Dengan demikian,besar pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multirepresentasi sebesar 29,1%, scaffolding yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang tinggi pula. Kata kunci: Hasil Belajar, Multirepresentasi, Pemecahan Masalah, Scaffolding

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
> PE English
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 May 2014 01:31
Terakhir diubah: 20 May 2014 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir