NURRIA MARFI ATUN, 1113041046 (2015) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA UNTUK SMP/MTS KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (273Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (271Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR SINGKATAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1275Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang memiliki peran penting karena menjadi pedoman atau acuan dalam proses pembelajaran. Bahkan, buku teks dianggap sebagai guru kedua bagi siswa. Artinya, apa pun yang ada di dalam buku teks akan dianggap benar oleh para siswa, termasuk penggunaan bahasa Indonesia, padahal tidak semua buku teks menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tahap analisis data dilakukan dengan mengelompokan data, menganalisis data, memperbaiki data yang salah, menghitung persentase data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan analisis terhadap sumber data, hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan (1) ketidaktepatan ejaan sebanyak 1.378 atau sebesar 7,16% yang meliputi pemakaian huruf (huruf kapital dan huruf miring), penulisan kata (kata depan, gabungan kata, singkatan dan akronim, angka dan bilangan), pemakaian tanda baca (tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, dan tanda elipsis); (2) ketidaktepatan kata sebanyak 394 atau sebesar 0,94% yang meliputi ketepatan, kesesuaian, dan kelaziman; (3) ketidaktepatan kalimat efektif sebanyak 183 atau sebesar 5,68% yang meliputi kesatuan, kecermatan, kehematan, dan kelogisan. Kata kunci: bahasa Indonesia, buku teks matematika, penggunaan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics > PE English |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 4334960 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 02:54 |
Terakhir diubah: | 05 Jan 2016 02:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16567 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |