Hariyadi, Rizki Aditasari (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf - Published Version Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (276Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (246Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (229Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1363Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dan pengembangan dilakukan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Purbolinggo. Sampel penelitian ini siswa kelas VII B dan VII C yang belum mendapat materi perubahan fisika dan kimia, pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Data penelitian diperoleh dengan wawancara, uji ahli dan kuesioner. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Potters yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli (uji ahli), revisi produk, dan uji lapangan. Pada tahap analisis kebutuhan guru sudah mengetahui mengenai perangkat pembelajaran yang bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, namun pada pelaksanaan pembelajaran belum memasukkan nilai ketuahanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Pada tahap pengembangan, dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, selanjutnya dilakukan validasi ahli yang diperlukan untuk mengetahui ketidaksesuaian atau kekurangan pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan, kemudian dilakukan perbaikan mengenai perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan hasil uji ahli. Tahap akhir dilakukan uji lapangan ditujukan kepada 59 siswa yang dibagi dalam 2 kelas Rizki Aditasari tahun ajaran 2013/2014. Hasil uji lapangan menunjukkan perangkat pembelajaran bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan efektif digunakan dalam pembelajaran, 100 % siswa uji telah tuntas KKM dengan hasil belajar secara keseluruhan berkriteria baik. Kata kunci: Nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, penelitian pengembangan, perangkat pembelajaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 May 2014 01:54 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 01:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1669 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |