Tohari, IDA NURI FITRIA (2013) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (439Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (370Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (817Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3464Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran problem posing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Populasi penelitian berjumlah 244 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, angket dan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Hal tersebut dibuktikan dari Pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan, didapat Fhitung 4,913 dan Ftabel 4,070 berdasarkan kriteria pengujian dapat ditarik kesimpulan, karena Fhitung>Ftabel maka Ho ditolak Ha diterima; (2) rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Problem Posing bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran.Hal tersebut dibuktikan dari Pengujian hipotesis kedua dengan menggunakan rumus analisi t-test separated, diperoleh thitung = 2,989 dan ttabel = 2,086 kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha jika thitung > ttabel , berdasarkan hasil perhitungan maka Ho ditolak dan Ha diterima; (3) rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih rendah dibandingkan yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Problem Posing bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran. Pengujian hipotesis ketiga dengan menggunakan rumus analisi t-test separated, diperoleh thitung = 1,448 dan ttabel = 2,086 kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha jika thitung > ttabel , berdasarkan hasil perhitungan maka Ho diterima dan Ha ditolak; (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan sikap siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Pengujian hipotesis keempat , ternyata Ho diterima dan Ha ditolak, dengan menggunakan rumus analisis varians dua jalan diperoleh Fhitung2,892 < Ftabel 4,070 , kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha jika Fhitung> Ftabel. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving, Model Pembelajaran Problem Posing, Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 06:21 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 06:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |