0743024033, Lamudin (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA (Studi Eksperimen Kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung T.P 2012/2013). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 SURAT PERNYATAAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7 RIWAYAT HIDUP.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8 PERSEMBAHAN.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10 SANWACANA.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9 MOTTO.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 DAFTAR ISI.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12 DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (263Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest non equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data kualitatif penelitian diambil berupa data aktivitas siswa dan tanggapan terhadap pembelajaran sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata pretest, posttest, kemudian dihitung N-gainnya. Analisis data menggunakan deskriptif dan statistik uji Mann-Withney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aspek aktivitas belajar siswa, kemampuan komunikasi, kemampuan berkerja sama dengan tim, kemampuan bertukar La mu d in informasi, kemampuan menjawab pertanyaan, mengalami peningkatan baik itu kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Semua aspek pada kelas eksperimen ratarata peningkatannya lebih tinggi sebesar (49,96 % ) dibandingkan kelas kontrol (44,71%). Penguasaan materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 59%. Berdasarkan data angket yang dibagikan kepada siswa Kelas ekperimen, banyak siswa yang menyatakan setuju artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Kata kunci : Teams Games Tournament, aktivitas, pengusaan materi sistem peredaran darah pada manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:19 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16807 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |