PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS SISWA SMP

, CITRA PANGESTU (2013) PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS SISWA SMP. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (565Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (514Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (277Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (572Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (371Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (271Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (6Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sumber belajar adalah sesuatu yang tersedia di lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu proses pembelajaran baik untuk guru maupun siswa. Sumber belajar terdiri dari bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran seperti buku ajar/cetak, media cetak, media elektronik, narasumber dan lingkungan sekitar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan buku saku IPA Terpadu berbasis literasi sains sebagai salah satu media pembelajaran. Prosedur pengembangan ini meliputi: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan pembelajaran, perumusan butir-butir materi, penyusunan instrumen evaluasi, menulis naskah/draf media, validasi ahli, uji coba lapangan, dan mencetak naskah produksi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli fisika. Hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa buku saku IPA Terpadu berbasis literasi sains telah sesuai dengan desain serta materi yang mencakup di dalamnya telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba lapangan dilakukan di SMP Negeri 1 Gedongtataan sebanyak dua kali, yaitu uji kelompok kecil dan uji Citra Pangestu efektifitas. Pada tahap uji kelompok kecil dilakukan terhadap 10 orang siswa kelas VIIIB dan uji efektifitas dilakukan terhadap seluruh siswa kelas VIIIB . Hasil dari uji coba lapangan menunjukan buku saku IPA Terpadu berbasis literasi sains desainnya sangat menarik dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 84,21%. Kata kunci : Buku saku, literasi sains, media pembelajaran,dan penelitian pengembangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 20 May 2014 04:26
Terakhir diubah: 20 May 2014 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir