PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PAIKEM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKARAJA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

(Almarhum) Ngadio, LELI OKFIANI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PAIKEM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKARAJA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (258Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (239Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (265Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (223Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (340Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2952Kb)

Abstrak

Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SD Negeri 2 Sukaraja Bandar Lampung yaitu aktivitas dan prestasi hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran matematika, 15 siswa yang mendapatkan nilai diatas nilai 65 (KKM) dan dinyatakan tuntas atau hanya 50%, dan 15 yang nilainya dibawah 65 (KKM) atau 50% dan dinyatakan belum tuntas, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa tersebut. Berdasarkan kenyataan di atas peneliti menerapkan model pembelajaran PAIKEM yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi menerapkan atau mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif. Penelitian ini melibatkan 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuaan, kelas IV SD Negeri 2 Sukaraja Bandar Lampung pada semester I tahun Pelajaran 2013- 2014. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukaraja Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas dan hasil prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 54,2 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 74,0. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,0 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,2. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 26,6% (8 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (30 siswa). Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi dan Hasil Belajar, Model PAIKEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:32
Terakhir diubah: 28 May 2014 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir