1013113015, Wagimun (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (321Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (350Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (14Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (12Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (24Mb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (1779Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keberhasilan proses pembelajaran IPS ekonomi dapat dilihat dari kemandirian belajar siswa itu sendiri. Proses pembelajaran IPS ekonomi di kelas VIII-D SMP Negeri 3 Gadingrejo belum mencapai hasil yang memuaskan, terlihat dari rata-rata Ulangan Harian I,IIdan III siswa kelas VIII-D belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hal ini dikarenakan siswa kurang mandiri dalam pembelajaran dan selalu bergantung kepada guru. Di samping itu, guru sebagai pendidik masih menggunakan metode konvensional dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa dapat mandiri dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran Cooperatif tipe Jigsaw. Yaitu dengan memberikan metode pembelajaran baru dimana para siswa membentuk kelompok asal dan kemudian mendelegasikan wakilnya ke dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan masing – masing sub pokok bahasan. Kemudian anggota kelompok ahli kembali kepada kelompok asal untuk menyampaikan hasil diskusi yang dilaksanakan dalam kelompok ahli. Penilaian keaktivan siswa dilakukan oleh seorang observer teman sejawat, sedangkan untuk mengukur penguasaan materi siswa dilaksanakan tes formatif pada akhir siklus. Hasil analisis data menunjukan perbandingan antara hasil dari siklus I, siklus II, dan siklus III didapatkan score keaktifan 24 ; 88; dan 97. Hal ini berbanding searah dengan hasil belajar siswa dimana presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21% pada siklus 1, 73% pada siklus II, dan 85% pada sisklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi dengan pembelajaran Cooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:35 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17098 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |