, WAHYU CAHYA KUMALA (2013) PENGEMBANGAN MODUL TUTORIAL BERBASIS PERMASALAHAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PRIOR KNOWLEDGE SISWA KELAS X MATERI LISTRIK DINAMIS. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. Cover Dalam.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Abstrak.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Persetujuan.pdf - Published Version Download (1573Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Pengesahan.pdf - Published Version Download (1578Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Pernyataan.pdf - Published Version Download (625Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (74Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1113Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada guru fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Gadingrejo, diketahui bahwa prior knowledge siswa yang kurang menyebabkan keaktifan siswa di dalam kelas juga kurang. Selain itu, sumber belajar yang digunakan hanya buku paket yang di dalamnya terdapat bahasa-bahasa yang terlalu matematis yang membuat siswa kurang berminat untuk membacanya. Minimnya sumber belajar dapat mempengaruhi prior knowledge siswa saat proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul tutorial yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik Modul Tutorial yang sesuai sebagai media sumber belajar, mengetahui keefektifan modul dalam meningkatkan prior knowledge siswa dan mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Penelitian pengembangan modul tutorial ini dilakukan dengan mengikuti prosedur (1) analisis kebutuhan, (2) perumusan tujuan pembelajaran, (3) perumusan butir materi, (4) pembuatan modul awal (5) evaluasi, (6) revisi, (7) naskah akhir, (8) uji coba dan (9) modul final. Karakteristik dari modul ini adalah uraian materi di dalam modul terdapat peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dan bentuk peristiwa tersebut dianalogikan dalam peristiwa lain yang dapat menambah pemahaman siswa. Hasil tes dengan paired sample t-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prior knowledge sebesar 38,9893 sehingga modul ini dikatakan efektif. Modul ini dapat digunakan sebagai sumber belajar selain buku cetak namun modul ini bersifat visual sehingga tidak semua siswa menyukainya tergantung pada gaya belajar siswa itu sendiri. Key word : penelitian dan pengembangan, modul tutorial, permasalahan kontekstual, prior knowledge. Wahyu Cahya Kumala
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:13 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1730 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |