PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI CAHAYA

, Fitriyani April Ningsih (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI CAHAYA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Persetujuan.pdf - Published Version

Download (566Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (516Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (277Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version

Download (255Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version

Download (238Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (47Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2519Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Data hasil observasi analisis kebutuhuan di SMPN 12 dan SMAN 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa sulitnya siswa kelas VIII memahami materi Cahaya . Guru membutuhkan inovasi dalam menjelaskan konsep-konsep pada materi tersebut agar siswa lebih mudah menerima pelajaran yang diberikan. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti bermaksud mengembangkan Lembar Kerja Siswa yang berisi tuntunan melakukan praktikum dan evaluasi. Metode pengembangan yang dilakukan yaitu : (1) Analisis kebutuhan, (2) Identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, (3) Identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, (4) Pengembangan produk, (5) Uji internal: Uji ahli materi dan Uji ahli desain, (6) Uji eksternal: Uji kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk oleh pengguna, (7) Produksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pembagian angket. Fitriyani April Ningsih ii Hasil uji ahli menunjukkan lembar kerja siswa yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji lapangan menunjukkan kualitas media pada uji kemenarikan nilai kuantitatifnya 3,01 dikategorikan menarik, pada uji kemudahan nilai kuantitatifnya 3,06 dikategorikan mudah digunakan, dan pada uji kemanfaatan nilai kuantitatifnya 3,00 dikategorikan bermanfaat serta efektif digunakan sebagai lembar kerja siswa materi Cahaya karena 80 % siswa memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan lembar kerja siswa materi Cahaya yang berisi tuntunan melakukan praktikum dan evaluasi dan telah teruji sesuai teori dengan kualitas: menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Kata kunci: penelitian pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Cahaya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 28 May 2014 07:14
Terakhir diubah: 28 May 2014 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir