PENGARUH BUDAYA MEMBACA, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813031025, Endriyan Sumaili (2012) PENGARUH BUDAYA MEMBACA, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Daftar Isi.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Daftar Tabel.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Daftar Gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Pengesahan.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Surat Pernyataan'.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Bab I.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Bab II.pdf

Download (238Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Bab III.pdf

Download (315Kb) | Preview
[img] File PDF
4. Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (424Kb)
[img]
Preview
File PDF
5. Bab V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (199Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi masih tergolong rendah, yaitu dari sebanyak 137 siswa, hanya 47 siswa atau 34,31% yang mendapatkan nilai lebih dari 68. Dengan kata lain, hanya 34,31% bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantara banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor budaya membaca, cara belajar dan lingkungan keluarga memiliki peranan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh budaya membaca, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 137 orang dengan sampel 100 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan budaya membaca terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r²= 0,451 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 4,996 sedangkan ttabel = 1,984, ini berarti thitung > ttabel. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r²= 0,462 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 5,151 sedangkan ttabel = 1,984, ini berarti thitung > ttabel. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r²= 0,421 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 4,596 sedangkan ttabel = 1,984, ini berarti thitung > ttabel. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan budaya membaca, cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh R²= 0,674, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 26,691 sedangkan Ftabel = 2,699, ini berarti Fhitung >Ftabel. Kata kunci: Budaya Membaca, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga dan Hasil Belajar Ekonomi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:21
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir