PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Samuni, NASIRUDDIN (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (181Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (174Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3277Kb)

Abstrak

Konsep kimia sebagian besar bersifat abstrak. Penyampaian materi dan sumber belajar yang kurang tepat oleh guru dapat menimbulkan persepsi siswa yang berbeda-beda, akibatnya banyak siswa menganggap bahwa kimia itu sulit untuk dipahami. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menerangkan kon-sep abstrak adalah representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembang-kan buku ajar berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik buku ajar berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga, mendeskripsikan tang-gapan guru dan siswa terhadap buku ajar berbasis representasi kimia pada materi larutan penyangga, dan mengetahui kendala-kendala yang ditemui ketika mengem-bangkan buku ajar larutan penyangga berbasis representasi kimia. Metode pene-litian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Dari hasil uji coba terbatas diperoleh data bahwa kesesuaian isi buku ajar kimia dengan kuri-kulum sangat tinggi sebesar 82,5%, aspek grafika/kemenarikan sangat tinggi sebe-sar 95% dan tingkat keterbacaan sangat tinggi sebesar 89,55%. Siswa dan guru merespon baik buku ajar kimia yang dikembangkan. Kata kunci: buku ajar, larutan penyangga, representasi kimia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:46
Terakhir diubah: 28 May 2014 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir